Caraku Membuat Produktivitas Menulisku Meningkat

Jadi, Minggu lalu Aku telah bercerita mengenai rintangan yang membuat produktivitas menulisku turun. Oleh karena itu, agar tidak dibilang hanya kritik tanpa solusi, yang menurutku tidak apa-apa, minggu ini Aku mencoba mencari hal-hal yang membuat produktivitasku menulisku naik. Baiklah, langsung Aku mulai saja.

1. Buat Catatan atau Jurnal

Memiliki buku catatan mungkin terkesan anak-anak. Jawabannya tidak, buku catatan adalah hal yang penting untuk dimiliki setiap orang. Bahkan perusahaan-perusahaan besar memiliki buku catatan mereka sendiri, kenapa secara personal tidak bisa? Buku catatan atau jurnal akan membuat kita tetap berada di jalan yang kita tentukan, tetap membuat kita menghadap tujuan. Lebih-lebih, buku catatan juga akan membuat kita mengingat hal-hal yang penting dan merencanakan tindakan kedepannya, kalau kata Machiavelli, sedia payung sebelum badai, alias jangan menunda-nunda.

Lalu apa isinya? Apapun, kau dapat mengisi buku catatanmu dengan berbagai hal. Mulai dari kegiatan yang telah kau lakukan hari ini, kegiatan yang akan kau lakukan hari ini, impian-impianmu, dan lain-lain. Aku sendiri memiliki dua buku catatan, yang satu kugunakan untuk menulis pikiran dan kegiatanku hari itu(mirip diary, dan yang satu lagi kugunakan untuk menulis hal-hal yang akan kulakukan selama satu minggu kedapan, termasuk konten tulisan.

2. Rekreasi

Seriously, rekreasi juga merupakan kegiatan yang penting. Rekreasi membuat pikiran kita tetap fresh. Kadang, saat rekreasi Kita akan menemukan pikiran-pikiran yang tidak terduga. Jika menemukannya, segera langsung tulis ke buku catatanmu.

Rekreasi yang seperti apa? Apapun, selama hal itu membuatmu fresh dan senang. Bisa dengan naik gunung, ke pantai, jogging, bahkan ke mall. Untukku sendiri, ke toko buku atau perpustakaan merupakan hal yang menyenangkan. Aku bahkan dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat-lihat buku.

3. Menulis Setiap Hari

Terdengar seperti falasi, namun hal yang membuat produktivitas menulis kita meningkat adalah menulis tiap hari. Entah saat bangun tidur, sebelum tidur, setelah makan, kapanpun dan dimanapun. Menulis tiap hari akan membuat pikiran kita tetap fresh dan melatih pikiran kita untuk menulis. Seberapa panjang tidak masalah, satu paragraf, satu kalimat, satu kata, tidak masalah. Yang terpenting adalah kau rutin melakukannya. Dan, tanpa kau sadari dirimu akan sampai pada tahap ketergantungan dan ketersesatan. Apa itu? Ketergantungan artinya menulis akan menjadi kebutuhan primer untukmu. Tanpa menulis, kau merasa ada yang kurang dari dirimu, itu yang telah dialami olehku. Ketersesatan artinya, tanpa kau sadar, kau telah menulis berpuluh-puluh kalimat. Memang bukan perkara yang mudah untuk mencapai hal tersebut, semuanya butuh waktu.

4. Tidur Teratur

Awalnya Aku tidak terlalu memperhatikan hal ini. Namun, lama-kelamaan, dengan berbagai tugas dan kegiatan kuliah. Tidur teratur benar-benar membantu. Mungkin kita tidak tidur tertatur karena kita menyangka kita tidak memiliki banyak waktu. Namun, justru sebaliknya, tidur teratur malah membuat waktu yang tersisa sangat banyak. Nah, waktu yang tersisa itu dapat digunakan untuk menulis.

Tidur teratur juga dapat membuat pikiran kita tetap fresh. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidur sebelum kau mengerjakan suatu tes esok harinya.

5. Observasi

Hal ini berbeda dengan rekreasi. Jika rekreasi membuat pikiran tetap fresh serta untuk menimbulkan ide-ide tak terduga, observasi membuat kita berpikir dan lebih produktif untuk memunculkan sebuah ide. Observasi bisa dengan menonton televisi, mengunjungi pameran, menonton film. Aku sendiri sadar bahwa dengan menonton YouTube, pikiranku menjadi jernih dan ada banyak ide yang ingin kutumpahkan. Ngomong-ngomong, channel YouTube yang seringku tonton yaitu The School of Life, Studio C, Extra Credits, Veritasium, Vsauce dan masih banyak lagi, mungkin channel-channel itu dapat membantu.

 

Itulah berbagai hal hasil penelitian penulis (hehehe…) tentang hal-hal yang menyebabkan produktivitas menulis kita meningkat. Mungkin juga hal diatas tidak akan membantu anda, mungkin juga dapat membantu. Dan, jika ada yang ingin membagi pengalamannya tentang menulis dapat ditulis dikomentar…

See ya…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s