Apa yang membuatku sulit menulis

Jadi, beberapa bulan yang lalu aku telah merencanakan untuk menulis setiap hari, atau minimal setiap minggu. Namun, rencana tersebut tidak berjalan lancar. Sering kali aku kehilangan satu hari atau kehilangan satu minggu untuk membuat sebuah tulisan. Beberapa hari yang lalu aku membuat daftar hal-hal yang membuatku sulit untuk menulis.

  1. Sibuk

Hal pertama yang langsung muncul dalam pikiranku adalah kesibukan. Sebagai seorang mahasiswa teknik, aku dituntut untuk benar-benar mengetahui berbagai hal tentang keteknikan. Ditambah dengan berbagai jurnal dan laporan praktikum yang harus segera diselesaikan. Kegiatan lomba dan kemahasiswaan lain juga sangat mengambil waktu untuk menulis.

Pendidikan yang terjadi sekarang ini adalah pendidikan yang membunuh kebebasan dan kreativitas. Pendidikan yang berorientasi keuntungan dan pekerjaan.

2. Tujuan hanya viewer

Kadang aku merasa bahwa keinginanku untuk menulis bertambah jika ada banyak orang yang membaca tulisanku. Tapi yang sebenarnya terjadi malah sebaliknya, keinginan agar ada banyak orang yang membaca tulisanku membuatku terlalu berpikir tentang konten, konten mana yang bagus dan mana yang tidak. Hal ini malah mengurangi produktivitas menulisku.

Yang kulakukan seharusnya menjadikan viewer sebagai hadiah tambahan bukannya tujuan.

3. Ide Habis

Kebalikan dari yang pertama, kadang Aku memiliki sebuah waktu yang dapat kugunakan untuk menulis. Tapi yang terjadi malah Aku tidak dapat memunculkan sebuah topik untuk kutulis. Sebenarnya ini berhubungan dengan nomor 2. Kembali kepada tujuan sebuah tulisan.

4. Procrastination

Disaat aku memilki waktu untuk menulis, aku malah menghabiskan waktu melakukan hal yang lain. Hal lain tersebut adalah nonton Youtube, bermain gitar. Memang bukan hal yang tidak berguna. Aku menonton chanel edukasi di Youtube, bermain musik juga baik untuk manusia. Hanya saja hal itu kadang menghambat menulisku.

5. Tidak Dilakukan

Sering sekali Aku merencanakan bahwa sepulang kuliah nanti Aku akan menulis, atau membayangkan bagaimana Aku akan menulis berpuluh-puluh paragraf. Yang menjadi masalah adalah hal itu hanya terjadi di pikiranku tanpa pernah keluar melalui syaraf motorikku.

Pikiran untuk menulis dan merencanakan memang hebat. Tapi semua itu tak akan sempurna tanpa sebuah pergerakan.

6. Tidak Mencatat Ide

Ide yang datang dapat muncul di tempat-tempat yang tiddak terduga. Oleh karena itu sangat penting untuk diriku mencatat ide tersebut di buku catatan, mengingat Aku tidak pandai menghafal. Tanpa sebuah buku catatan, ide yang tiba-tiba datang kepadaku menjadi terbuang sia-sia.

 

Itulah beberapa alasan mengapa Aku sulit menulis. Aku menulis ini sebagai pembelajaran diri agar kedepannya rutinitas menulisku dapat kupertahankan. Semoga tulisan ini juga berguna bagi pembaca acak yang telah menyempatkan diri untuk membaca tulisan ini sampai akhir.

Dag!

3 pemikiran pada “Apa yang membuatku sulit menulis

  1. Hallo salam kenal kak prakosa. Terimakasih untuk tulisannya. Untuk didi yang paling utama bikin mandek itu pas waktu lagi males-malesnya. Hahahaha sebagai ibu rumah tangga nggak jarang mengurus anak dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga merupakan tugas mulia yang penuh tantangan dan memakan waktu. Tak jarang pas udah selesai malah tenaga udah abis dan tiba-tiba aja udah malem. Cuma salah satu cara efektif mencatat ide. Hihihi jadi tiap ada ide yang muncul didi stop buat kerjain hal yang didi kerjain dan sebisa mungkin didi catat idenya.
    Salam kenal. Nanti didi jalan-jalan lagi. ๐Ÿ˜€

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

