Pikiran yang Hilang Saat TPB Cup

Manusia selalu mencari cara untuk melakukan hal yang membuat dirinya senang. Entah tua maupun muda, semuanya berlomba mencarinya. Bahkan mahasiswa ditengah segala kesibukan akademis juga ikut mencarinya. Dibentuklah berbagai kegiatan non-akademis untuk mahasiswa yang ingin lari sebentar dari segala racun akademis. Di Institut Teknologi Bandung (ITB) sendiri, salah satunya ada Tahap Persiapan Bersama (TPB) Cup.

img_20170204_110135

Opening TPB Cup 2017

TPB Cup adalah sebuah event yang entah mengapa digelar setiap tahun oleh mahasiswa-mahasiswa TPB ITB (Terkesan hanya budaya saja). Isinya adalah berbagai pertandingan olahraga baik basket, volley, Futsall, dan lain-lain. Walaupun tidak tertulis, yang menarik dari TPB Cup adalah pertandingan bukan hanya untuk yang bermain, tapi juga untuk supporter. Ya, berbagai yel-yel, bendera, drum, dan teriakan adalah warna tersendiri di TPB Cup. Tak jarang, ada fakultas yang membawa satu angkatan untuk menonton. Pembaca bisa tebak terlebih dahulu sebelum saya sebutkan.

.

.

Adalah Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan (FTTM), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), dan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB). Ketiga fakultas itu adalah tiga teratas yang selalu membawa pasukan angkatan mereka. Tak heran, pada saat opening, panitia harus memisahkan waktu masuk mereka dan tempat mereka. Fakultas saya? FTI (Fakultas Teknologi Industri) sudah dapat ditebak berapa jumlah yang datang dengan slogan kami Ambis(dari kata ambisius, dikarenakan selalu belajar mengejar akademik). Walaupun FTI memiliki manusia yang terbanyak (500 kepala), lima puluh orang datang pun sudah syukur.

img-20170204-wa0014

FTTM 2016

screenshot_2017-02-05-06-17-11_1486296698055

FTMD 2016

Mungkin ini juga akibat dari sistem kaderisasi FTTM, FTMD, dan FITB yang sudah dimulai sejak dalam Fakultas, berbeda dengan fakultas yang lain. Mereka haruslah solid agar memuaskan hasrat para kating (Kakak Tingkat) mereka. Mereka menggunakan sistem komando dan paksaan untuk membentuk mental mereka terhadap kawan mereka, sedangkann fakultas lain menggunakan ‘kebebasan’.

Ya, setiap fakultas pasti memilki sistem kaderisasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya. Namun menurut saya sendiri, walaupun terkesan memaksa, kaderisasi FTTM, FTMD, dan FITB bagus untuk membentuk mental individu. Kaderisasi mereka menjatuhkan mereka secara individu, sehinggga mereka harus saling bantu-membantu untuk dapat melaluinya.Kaderisasi mereka menjatuhkan mereka secara tidak adil, sehingga timbul jiwa berani dan jiwa berontak dalam diri mereka mengenai ketidakadilan. Kaderisasi mereka menjatuhkan peraturan diri sendiri, sehingga timbul pikiran cerdas, fleksibel dan sikap menghargai sesama. Namun, kaderisasi seperti ini selalu saja membelok ke arah arogansi fakultas, bahwa fakultas mereka yang terbaik. Padahal seharusnya bukan ini yang kakak tingkat mereka pikirkan dan ajarkan (atau mungkin iya?). Tak jarang, fakultas lain sedikit meniru gaya kaderisasi ini. Masalahnya, kebanyakan yang diambil adalah tentang arogansi fakultas. Contohnya saja kalimat “Ayo dateng… jangan mau kalah sama FTTM”. Ini sebenarnya kalimat bodoh, datang hanya untuk meninggikan fakultasnya diatas fakultas lain. Saya sendiri pernah menggunakan kalimat sejenis seperti itu, dikarenakan memang sudah tidak ada cara lain untuk mengajak angkatan untuk bergerak jika tidak dengan membawa arogansi fakultas. Calon pemimpin bangsa kita sebenarnya sedang dalam fase kritis.

Terlepas kelebihan dan kekurangan yang ada diatas, pikiran saya berada pada kebebasan. Akan lebih baik jika 500 orang yang datang bukan karena paksaan, namun karena keinginan diri sendiri, kemerdekaan sendiri yang menentukan. Dan jika tidak datang pun sama baiknya, artinya masing-masing dari kita telah menemukan dan menentukan jati dirinya masing-masing, dan arti kepanjangannya lagi, salah satu dari tujuan pendidikan telah tercapai, yaitu menemukan jati diri seseorang.

Akhir kata

“Merdeka harus sudah sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan.” – Pramoedya Ananta Toer.

Sumber gambar:

  • Kamera HP saya
  • Kamera HP teman saya
  • Akun instagram FTMD 2016
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s